Minggu, 29 Mei 2016

WAJIB BACA : Berkemah Itu Kegiatan yang Mendidik


Berkemah Itu Kegiatan yang Mendidik


Salah satu kegiatan dalam pendidikan kepramukaan adalah berkemah. Jika pada saat kegiatan latihan rutin mingguan peserta didik sering kali jarang datang latihan, tetapi saat mendengar akan adanya kegiatan berkemah, semuanya pada rajin datang latihan dengan harapan semoga terpilih menjadi peserta perkemahan. Berdasarkan fenomena tersebut membuktikan bahwa berkemah adalah kegiatan yang paling ditunggu oleh adik-adik pramuka. Padahal mereka tahu bahwa dalam perkemahan itu tantangan begitu sulit karena harus berhadapan dengan kondisi dan situasi alam bebas bahkan alam liar.

Akan tetapi, beberapa diantaranya ada juga yang tidak menyukai kegiatan berkemah, dengan alasan melelahkan, takut kotor, takut hujan nanti demam, takut luka, takut hitam karena terik matahari, takut ketemu cacing, susah untuk mandi, inilah itulah dan ya maklumlah “anak mami.” Padahal dalam kegiatan berkemah tersebut tidak hanya keseruan atau berwisata saja yang didapat, tapi juga ada nilai pendidikannya. Pemandangan alam yang indah dan asri mengajak kita mengenal alam ciptaan Tuhan. Ingat apa kata pepatah ”tak kenal maka tak sayang”. Berkemah akan bertambah rasa cinta pada alam. Dengan demikian, tumbuh keinginan untuk menjaga dan melestarikan alam.
Lebih lanjut, Kegiatan perkemahan memiliki nilai-nilai positif bagi kita. Nilai-nilai positif tersebut adalah sebagai berikut.
1.      Kebersamaan.

2.      Melatih kemampuan kerja sama.

3.      Menumbuhkan rasa cinta alam dan sesama manusia.
4.      Melatih kemampuan tanggung jawab.
5.      Melatih kedisiplinan.
6.      Melatih kemampuan tenggang rasa.
7.      Melatih kemampuan kemandirian.

8.      Melatih kemampuan bertahan hidup di alam bebas
9.      Melatih kemampuan motorik
10.  Memacu semangat dan kreatifitas
11.  Berani mencoba hal baru, secara psikologis akan menambah rasa percaya diri
12. Belajar untuk survive. Pengalaman baru akan membuat anak beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi tertentu, anak akan dihadapkan pada kenyataan untuk survive. Dan lain sebagainya.
Banyakkan manfaat kegiatan berkemahnya?. Jadi, jangan takut untuk ikut perkemahan. Banyak fakta dilapangan yang menunjukkan ada perbedaan tingkat kepekaan sosial, kepekaan terhadap lingkungan, keberanian, dan keaktifan serta jiwa kepemimpinan antara siswa yang aktif dalam organisasi kepramukaan dengan siswa yang tidak tergabung dalam kepramukaan. Siswa yang aktif dalam kepramukaan lebih cakap dalam aspek-aspek tersebut dibandingkan dengan siswa yang pasif atau sama sekali tidak tergabung dalam kepramukaan. Nah, kalau dalam lingkup sekolah, kegiatan berkemah dominan dilaksanakan oleh organisasi pramuka. Oleh karena itu, ayo yang belum bergabung dengan pramuka, mari segera bergabung, tapi tidak hanya sekedar bergabung, harus juga aktif, sehingga materi-materi pendidikan karakter dan life skill yang ada dalam pendidikan kepramukaan dapat dimiliki.
Sekian terima kasih. Salam Pramuka... dari Gugus Depan 03.093-03.094 Pangkalan SMP Negeri 6 Kota Jambi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda disini. Terima Kasih.