Selasa, 24 Mei 2016

Pemanfaatan Layanan Internet Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan



Pemanfaatan Layanan Internet Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan

Tidak ada sukses tanpa perjuangan. Kesuksesan tidak turun dari langit, namum melalui sebuah proses panjang perjuangan. Hidup dan mati sengaja diciptakan Allah SWT. sebagai ujian, agar Dia mengetahui siapa di antara manusia yang terbaik kualitas amalnya. Oleh karena itu tidak akan ada manusia yang bisa berubah posisi derajatnya, tanpa terlebih dahulu melewati serangkaian ujian dan perjuangan.
Ada banyak hal dalam hidup ini yang perlu kita perjuangkan, inilah yang menjadi bukti nyata bahwa memang hidup adalah perjuangan. Hidup itu bukan sekedar menjadi penikmat atas segala karunia yang diciptakan Tuhan pada makhluk-Nya.
Salah satu yang perlu diperjuangkan oleh kita sebagai manusia terkait dengan proses hidup yang kita jalani yaitu perjuangan dalam mencukupi kebutuhan hidup. Perjuangan yang akan sangatterasa sekali adalah perjuangan yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Perjuangan dalam menggapai dan meraih cita-cita juga termasuk ke dalam kecukupan hidup seseorang. Prestasi, jabatan, kedudukan, harta merupakan bagian dari perjuangan hidup yang satu ini.
Untuk itulah, dalam buku panduan ini penulis ingin berbagi dengan para pembaca dalam meperjuangkan kehidupan salah satunya lewat berkarir.
Ulasan dalam tulisan ini merupakan ulasan mengenai bagaimana kita memanfaatkan jaringan internet yang berkembang pesat saat ini sebagai media dalam mempermudah kita mencari lowongan-lowongan pekerjaan. Semoga bermanfaat hendaknya. Amin


Masalah sulitnya mencari lowongan kerja menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi pekerja. Bayangkan mereka harus rela merogoh kocek untuk membeli surat kabar setiap hari mengharapkan disana ada informasi tentang lowongan kerja. Berjalan kesana kemari mencari lowongan kerja. Kemudian, setiap bertemu dengan seseorang selalu mengiklankan diri. Saya punya keahlian ini lho, nanti kalau ketemu yang membutuhkan keahlian saya tersebut kasih tau saya ya!.
Kedengarannya menyedihkan bukan? Tapi itulah pengorbanan ”PARA PENCARI KERJA” demi mewujudkan impian dan harapannya. Untuk itulah dalam BUKU KECIL ini, daku ingin berbagi pengetahuan bagaimana mencari kerja dengan beberapa jam duduk manis di depan komputer tanpa harus kesana kemari, bertanya-tanya pada setiap orang untuk menemukan lowongan pekerjaan.
Didalam tulisan ini berisi panduan mencari pekerjaan lewat jaringan internet. Apa itu ”internet” atau ”dunia maya” saya rasa semua kita sudah mengetahuinya. Namun, ada apa saja didalamnya mungkin hanya sebagian yang mengetahuinya.
Salah satu kegunaan dari internet adalah untuk mempermudah kita mengetahui sesuatu yang jauh dari yang kita ketahui, seperti ilmu pengetahuan, peristiwa-peristiwa dunia, dan lain-lain, termasuk lowongan pekerjaan.
Ada 3 (tiga) opsi atau pilihan alamat situs internet  (link) yang ditawarkan dalam tulisan ini, yaitu:

JOBSTREET.COM

Berikut langkah-langkah dalam mencari lowongan pekerjaan menggunakan internet dengan link Jobstreet.Com :
1.         Buka program internet pada komputer anda. Contohnya Internet explorer, Mozzila firefox, Google chrome, Opera atau program yang sejenis lainnya. Disini saya menggunakan Mozilla firefox
2.         Tekan enter atau double klik pada ikon atau program internet explorer/Mozilla firefox. Kemudian tampil jendela browse seperti gambar dibawah ini dan Isi atau tuliskan linknya.
3.         Tunggu proses browse atau pencarian selesai. Dan selanjutnya akan muncul jendela seperti gambar berikut:

4.         Disana terdapat wilayah atau lokasi tempat pekerjaan yang akan kita cari.
5.         Klik tulisan indonesia untuk wilayah indonesia (nomor 3).
6.         Setelah itu muncul lagi jendela seperti gambar berikut:

7.         Terdapat beberapa pilihan:
a.            Lokasi atau tempat kerja. Contoh: Jambi
b.            Jenis pekerjaan. Contoh: Sales-Corporation
c.            Posisi atau jabatan yang dicari.
8.         Setelah dipilih seperti pada gambar dibawah: a. lokasi Jambi; b. jenis pekerjaan sales di perusahaan (Sales-Corporation); dan c. Posisi jabatan semua jabatan (All postion levels), akan muncul beberapa lowongan pekerjaan (bagian ”d”). Sedangkan bagian ”e” menunjukkan kapan informasi lowongan pekerjaan tersebut diterbitkan.

9.         Piih dan klik salah satu (misalnya pada bagian ”d” dalam gambar yaitu Sales coordinator pada PT. Samudera Bersaudara Dealer Motor Suzuki Jambi).
10.     Setelah itu, jika pada perusahan tersebut menawarkan banyak posisi jabatan maka akan muncul jendela browse seperti berikut:

11.     Pilih dan klik salah satu posisi jabatan yang anda inginkan. (misalnya Sales Marketing).


12.     Selanjutnya jendela browse akan memunculkan persyaratan apa saja yang dibutuhkan atau cara untuk memasuki posisi/jabatan tersebut.
13.     Untuk melamar pekerjaan pada perusahaan dan posisi tersebut, anda tidak harus mendatangi atau mengirim berkas lamaran anda langsung ke alamat perusahaan tersebut. Anda cukup mengklik Apply (bagi yang telah menjadi anggota dari situs Jobstreet.com) dan Apply Via Email (bagi yang bukan anggota situs Jobstreet.com).
14.     Bagi yang telah menjadi anggota dari situs Jobstreet.com silahkan mengklik Apply. Bagi yang bukan anggota situs Jobstreet.com silahkan mengklik Apply Via Email. (ikuti petunjuk yang diberikan).
15.     Sedangkan bagi yang ”BINGUNG” menggunakan fasilitas internet untuk melawar pekerjaan. Silahkan kirim berkas lamaran anda atau kunjungi langsung alamat perusahaan atau tempat yang menerima lowongan pekerjaan tersebut.
16.     Klik tulisan ”View Company Information” untuk mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut.


JOBSDB.COM

1.         Buka program internet pada komputer anda. Contohnya Internet explorer, Mozzila firefox, Google chrome, Opera atau program yang sejenis lainnya.
2.         Tekan enter atau double klik pada ikon atau program internet explorer/Mozilla firefox.
3.         Pilih dan klik bahasa yang digunakan. Misalnya pada pilihan ”bahasa” untuk menggunakan bahasa Indonesia.
4.         Kemudian akan muncul jendela browse seperti pada gambar berikut:


5.         Isi dan pilih (a) nama tempat/perusahaan, (b) jenis pekerjaan, dan (c) lokasi pekerjaan yang akan dimasuki.
6.         6.  Misalkan nama perusahaan dikosongkan, kemudian jenis pekerjaan guru/teacher, dan lokasinya di provinsi jambi. Lalu tekan enter atau klik tulisan cari (d).

7.         Pada gambar tersebut tampak:
a)  Deretan lowongan-lowongan pekerjaan
b)  Tanggal kapan informasi lowongan pekerjaan tersebut diterbitkan.
c)  Informasi dari salah satu lowongan pekerjaan (pada bagian ”a”).
8.         Pilih dan klik salah satu dari deretan lowongan-lowongan pekerjaan. Misalkan Kindergarten and Primary Teacher (pada bagian ”a” dalam gambar). Maka selanjutnya akan muncul informasi mengenai pekerjaan tersebut.
9.         Sama halnya pada situs Jobstreets.com pada situs ini juga dapat mengirim berkas lamaran langsung tanpa harus mengirim atau mengunjungi perusahaan atau tempat tersebut.
10.     Pilihan Cepat Melamar (bagi yang telah menjadi anggota dari situs Jobsdb.com) danMelamar bukan Member Apply Via Email (bagi yang bukan anggota situs Jobsdb.com). dan
11.     Bagi yang “BINGUNG” silahkan kirim atau kunjungi langsung alamat perusahaannya.

JAMBIJOBS.COM
(khusus area provinsi jambi)

Pada situs ini, hanya menampilkan lowongan-lowongan pekerjaan yang berada dalam lingkungan provinsi jambi saja. Dan bagi yang berminat mesti mengirim berkas lamarannya langsung ke alamat perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.
Adapun langkah dalam mencari lowongan pekerjaan melaui situs atau link ini, sama halnya dengan situs atau link-link lainnya.
1.          Buka program internet pada komputer anda. Contohnya Internet explorer, Mozzila firefox, Google chrome, Opera atau program yang sejenis lainnya.

2.          Tampil jendela browse seperti gambar berikut:

3.          Pada gambar tampak:
a.            Pilihan bulan ke berapa informasi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.
b.            Pilihan kategori atau pilihan jenis pekerjaan
c.            Daftar lowongan-lowongan pekerjaan.
4.          Misalkan pilih dan klik salah satu lowongan pekerjaan (c) yaitu Lowongan Servis Head (SHE) di PT Toyota Astra Finacial Servis. klik dan tampak informasi persyaratan yang dibutuhkan dan cara mengajukan lamaran pada perusahan tersebut.
5.          Dalam informasi tersebut terdapat persyaratan lamaran, alamat perusahan, dan pada bagian bawahnya yaitu pada tulisan Related Jobs terdapat beberapa lowongan pekerjaan lainnya.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda disini. Terima Kasih.