Jumat, 10 Juni 2016

Membentuk akar baru adenium

     Adenium atau kamboja jepang merupakan salah satu tanaman hias yang cukup banyak peminatnya. Keunikan dari adenium adalah bonggol atau akarnya yang unik. Semakin unik dan ekstrem bentuk bonggol adenium maka harga jualnya pun menjadi semakin mahal.
     Seringkali bonggol adenium tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga untuk mendapatkan bonggol adenium seperti yang diharapkan, maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membentuk akar baru pada adenium tersebut. Berikut dijelaskan cara membentuk akar baru adenium.



1. Siapkan adenium yang mau dibentuk akar baru      

Adjie Syarif Fakhriansyah
Ketua Osis SMPN 6 Kota Jambi T.P 2015-2016

2. Cuci dan bersihkan adeniumnya

3. Potong bagian bonggol atau akar adenium. Sesuaikan dengan bentuk bonggol adenium kelak yang        dikehendaki. Kemudian potong pula bagian batang, sisakan 2-3cm dari bonggol/akar.






4. Setelah itu rendam potongan adenium tersebut didalam air bersih selama 30 menit s.d 1 jam

5. Sembari menunggu adenium selesai direndam, siapkan bawah merah lalu digiling/dihaluskan. Bawang merah yang telah dihaluskan digunakan sebagai perangsang akar.
Wita Ardiningrum
Siswa Kelas VII H SMPN 6 Kota Jambi
T.P 2015-2016



6. Kemudian siapkan media tanamnya, yaitu terdiri dari campuran pasir, tanah, dan serbuk kayu dengan perbandingan 1:1:1.


7. Langkah selanjutnya adalah ambil bagian adenium yang telah direndam tadi, lalu bagian bawah adenium yang dipotong dioleskan dengan halusan bawang merah.

8. Terakhir tanam adenium dalam media tanam yang telah dipersiapkan tadi. Sementara waktu letakkan dulu pada tempat yang sejuk atau tidak banyak terkena sinar matahari, siram secara teratur pagi dan sore. 



Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda disini. Terima Kasih.