Selasa, 14 Juni 2016

Galang penggalang gemar berkebun

     Salam Pramuka...
    Tidaklah asing lagi ditelinga para penggalang pramuka bahwa butir kedua dari Dasadharma pramuka adalah cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Namun, terkadang hal itu masih sebatas ucapan dibibir saja, apalagi bagi penggalang yang domisilinya berada didaerah perkotaan yang sedikit memiliki ruang hijau, kehidupan yang serba instan, pengaruh teknologi yang mendominasi dan ditambah pula dengan orangtua yang sibuk bekerja diperkantoran. Hal demikian tentu membuat pengaplikasian butir kedua dasadharma tersebut semakin banyak mendapat kendala. Untuk itu, perlu suatu metode pembelajaran berupa tindakan nyata yang sifatnya mudah diterapkan sehingga butir kedua dari Dasadharma pramuka tersebut dapat diaplikasikan atau ditepati oleh para adik-adik penggalang dalam kehidupannya sehari-hari.

     Tindakan nyata tersebut salah satunya adalah dengan mengajak (menggalang) adik-adik penggalang untuk gemar berkebun. Untuk diketahui bahwa aktivitas berkebun tidaklah hanya sebatas tanam-menanam saja, tetapi terdapat aktivitas menyiram, menggali, menabur benih, memanen, dan menyapu/membersihkan. Aktivitas demikian tentunya bentuk dari perilaku mencintai alam.



     Nantinya dari kegiatan ini, tidak hanya akan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam tetapi juga akan menambah pengetahuan bagi penggalang, seperti jenis-jenis tanaman, cara perawatannya, dan sebagainya. Lebih lanjut, ternyata dari tinjauan kesehatan kegiatan berkebun tersebut termasuk dalam kategori olahraga berat. Dengan demikian, bagi penggalang yang enggan berolahraga, berkebun bisa menjadi solusi pengganti olahraga.



     Bagi Kakak pembina, dalam penerapan "galang penggalang gemar berkebun" ini dapat menggunakan lahan atau pekarangan disekolah, selain mengajarkan cinta alam kepada penggalang, sekaligus dapat memperindah lingkungan sekolah/pangkalan. Kemudian juga, sangat perlu menjadi perhatian, bahwa dalam kegiatan ini kakak pembina hindari hanya sekedar memberi intruksi saja, akan tetapi juga turut serta melakukan kegiatan tersebut. Dengan begitu, misi dari kegiatan galang penggalang gemar berkebun akan lebih efektif tercapai.
      Sekian terima kasih. Semoga bermanfaat...
      Salam pramuka...


Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Dasa_Dharma 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun
http://health.liputan6.com/read/2081239/bagi-anak-manfaat-berkebun-sama-dengan-berolahraga


Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda disini. Terima Kasih.